LOGO puskesmas gunungsari
Beranda > Berita > Giat Pelaksanaan Posyandu Keluarga Dusun Tempos Karang Barat
LINTAS SEKTOR

Giat Pelaksanaan Posyandu keluarga Dusun Tempos Karang Barat

Posting oleh puskesmasgerunglobar - Sabtu - Dilihat 0 kali

Gerung - Posyandu Keluarga adalah terobosan dalam upaya menanggulangi masalah  kesehatan, dengan pendekatan keluarga  yang melaksanakan kegiatan secara rutin tiap bulan, dengan cakupan 5 Program utama (KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Diare), dan ditambah integrasi program dari lintas sektor, yaitu  Kelas Remaja, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (PUP), program Keluarga Sakinah, Ketahanan Pangan, Pertanian serta peran aktif Tokoh Agama (Dai Kesehatan) serta instansi yang dalam upaya mensinergikan program di SKPD terkait. Penjangkauan sasaran juga diupayakan sampai kepada Keluarga, sesuai dengan program Keluarga Sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Pendampingan oleh Kader, Dai dan Petugas akan memastikan setiap individu mandapatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang diperlukan.

Posyandu Keluarga, bertujuan untuk meningkatkan  akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang   komprehensif dan Terintegrasi dan sejalan dengan RPJMD Provinsi NTB. Posyandu dengan pendekatan keluarga ini di laksanakan di desa GEN di pulau Lombok (dinkes.ntbprov.go.id/artikel/categoryposyandu-keluarga/)

Sasaran dan Target Posyandu Keluarga di Desa GEN se Pulau Lombok adalah Ibu Hamil, Bayi, Balita, Pasangan Usia Subur, Remaja dan Lansia dengan target (12 Indikator Keluarga Sehat).

Posyandu Keluarga Dusun Tempos Karang Barat dilaksanakan Sabtu 18 Maret 2023. Tujuan Pelaksanaan meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif dan terintegrasi. Adapun petugas kesehatan yang turun dalam kegiatan tersebut, Bidan Desa , Petugas Imunisasi, Petugas Gizi, Petugas PTM/Lansia, Petugas Konseling.

Sasaran Posyandu keluarga ibu hamil ,ibu balita , bayi, balita, usia produktif, lansia. Hasil Kegiatan/Output ibu hamil dilayani 9 orang, imunisasi 9 orang, PTM/lansia 21 orang, Screening TB 20 orang, Balita ditimbang 44 orang dan konseling diberikan pada ibu dengan bayi berat badan kurang dan pada peserta usia produktif dengan DM dan Hipertensi. Konseling diberikan pada balita BB kurang dan pemberian Taburia.
Konseling dan rujukan pada sasaran usia produktif dan lansia dengan DM dan Hipertensi. Pemberian kaporit pada masyarakat yang punya sumur gali.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *